Home / Usahawan / Angkat Kaki Dari Indonesia, Foodpanda Fokus Beroperasi Di 5 Negara Asia Lain

Angkat Kaki Dari Indonesia, Foodpanda Fokus Beroperasi Di 5 Negara Asia Lain

Pada tanggal 3 Oktober 2016 kemarin, layanan pengantaran makanan Foodpanda resmi menghentikan operasional mereka di Indonesia. Victor Delannoy, Managing Director Foodpanda Indonesia, menyatakan hal tersebut dalam sebuah surat yang ia kirimkan kepada para mitra Foodpanda di tanah air.

Meski telah resmi angkat kaki dari Indonesia, Foodpanda menyatakan kalau mereka masih akan mempertahankan bisnis mereka di lima negara Asia yang merupakan pasar terbesar mereka, yaitu Singapura, Hongkong, Malaysia, Taiwan, dan Thailand. “Indonesia masih menunjukkan kesempatan yang jauh lebih kecil bagi kami,” ujar Ralf Wenzel, Co-Founder dan CEO Foodpanda Group kepada Tech in Asia.

Foodpanda Indonesia Tutup | Screenshot

Meski tidak menyebutkan penyebab dari kecilnya kesempatan Foodpanda untuk berkembang di Indonesia, namun jelas terlihat kalau saat ini mereka telah jauh tertinggal bila dibandingkan dengan layanan serupa milik GO-JEK, yaitu GO-FOOD. Bisnis tersebut bahkan akan tambah sesak dengan kehadiran GrabFood dan UberEats.

Saat ini, Foodpanda telah mempunyai sekitar 80 orang karyawan di Indonesia. Dan menurut juru bicara Foodpanda Indonesia, informasi tentang penutupan operasional Foodpanda di tanah air telah diinformasikan kepada para karyawan sebelumnya.

“Kami akan memastikan kalau seluruh karyawan kami mendapatkan hak-hak mereka, serta menerima kompensasi sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan di Indonesia,” ujar Tika Sylvia Utami, Head of Marketing Foodpanda Indonesia kepada Tech in Asia.

Bagaimana kondisi keuangan Foodpanda sebelum menutup layanan di Indonesia?

Berikut ini adalah pernyataan lengkap dari Ralf Wenzel, co-founder dan CEO Foodpanda Group kepada Tech in Asia.

“Selama beberapa bulan terakhir, Foodpanda terus berusaha memperkuat customer proposition di kawasan Asia. Dan kini, Foodpanda fokus menawarkan layanan pengiriman tercepat untuk restoran berkualitas tinggi yang telah terkurasi, dengan harga yang terjangkau. Orientasi layanan dari Foodpanda tersebut telah menjadi penggerak utama untuk mencapai target perusahaan, yang ingin menjaga bisnis ini agar bisa tetap berjalan.

Dengan perbaikan layanan yang telah dilakukan, kini kami akan berkonsentrasi pada pasar utama kami, seperti Singapura, Hongkong, Malaysia, Taiwan, atau Thailand, di mana strategi baru kami mendapat apresiasi yang kuat, serta menghasilkan pertumbuhan eksponensial yang menguntungkan.

Indonesia belum menghasilkan momentum yang sama, dan menunjukkan kesempatan yang jauh lebih kecil untuk proposisi kami.

Kami akan terus berinvestasi pada bisnis kami di Asia, dan sangat senang akan hasil yang telah kami terima sebelumnya.”

(Kredit : Pradipta Nugrahanto)

Advertisement

About admin

Check Also

Dihimpit Kemiskinan Nenek Tidur Dalam Almari Di Tepi Jalan

SURABAYA: S3buah @lmar1 k@yu b3rukuran 75 s3ntimet3r (cm) t!nggi dan 100 cm p@njang m3njadi ‘rum@h’ …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *