Home / Info Viral / Nelayan Miskin bertukar Jutawan bila menjumpai Ambergis bernilai Lebih 12 Juta Ringgit

Nelayan Miskin bertukar Jutawan bila menjumpai Ambergis bernilai Lebih 12 Juta Ringgit

Seorang nelayan miskin di Thailand terkejut dapat menemukan bongkahan batu bernilai hingga lebih dari RM12 juta yang dia temukan di pantai. Menurut The India Times, nelayan bernama Naris Suwannasang yang berusia 60 tahun sedang berjuang untuk mencari nafkah, ketika dia menemukan bongkahan batu 220 pon (99,79 kg). Dengan bantuan sepupunya, Naris membawa pulang gumpalan itu untuk memeriksanya, sebelum menyadari bahwa itu mirip ambergris, sekresi langka dari paus yang membantu membuat aroma parfum bertahan lebih lama.

Mereka menguji ambergris dengan membakarnya dengan korek api, yang menyebabkannya langsung meleleh dan mengeluarkan bau musky. Dengan begitu, menurutnya telah membuktikan bahwa bongkahan batu itu adalah ambergris.

Tuah bahan buangan ikan paus, seorang nelayan bernama Naris Sumannasang, 60 tahun baru-baru ini telah menjadi jutawan sekelip mata apabila beliau berjaya menemui seketul batu ambergris seberat 100 kilogram yang didakwa bernilai 96 juta Baht (+-RM12,953,306).

Ambergris yang ditemui di persisiran pantai Nakhon Si Thammarat, Selatan Thailand itu juga kini menjadi batu ambergris  paling berat yang pernah dijumpai dalam sejarah. Persoalannya mengapakah ambergris ini sangat bernilai sedangkan ia hanya muntah ikan paus?

Ambergris itu berbentuk gumpalan seperti batu pucat yang tersapu di pantai saat dia berjalan di tepi laut di Nakhon Si Thammarat, Thailand.

Muntahan ikan paus itu sangat berharga hingga dapat bernilai sampai 3,2 juta dollar AS (Rp 45,2 miliar), yang membuatnya terkejut. Ambergris merupakan bahan penting di beberapa tempat termewah di dunia dan parfum mahal, seperti Chanel No. 5.

“Pengusaha memberi tahu saya bahwa dia akan datang untuk memeriksa kualiti ambergris nanti dan harganya mengejutkan saya,” kata Naris seperti yang dilansir dari World of Buzz. “Saya bisa menerima sekitar 960.000 THB (Rp 454,4 juta) per kilogram, jika ambergris yang saya temukan memiliki kualitas terbaik,” tambahnya. Dia bahkan berniat pergi ke kantor polisi untuk membuat catatan temuannya, seandainya ambergris itu sampai dicuri.

“Saya juga bercadang untuk pergi ke balai polis dan meminta mereka mencatat penemuan saya karena saya takut benda itu akan dicuri dari rumah saya,” ucapnya. Pengeluar perfume mewah mengekstrak alkohol tak berbau yang disebut ambrein dari ambergris untuk membuat aromanya bertahan lebih lama. Ambergris berasal dari sperma paus, yang memakan sefalopoda dalam jumlah besar, seperti cumi-cumi, gurita, dan sotong.

Sumber Kompas.com

 

Advertisement

About Cucu

Check Also

Daun Kering, Bulu Burung, Tahi Cicak Ditemukan: Kilang Kicap Diarah Tutup Dua Minggu

[VIDEO] Daun kering, bulu burung, tahi cicak ditemukan: Kilang kicap diarah tutup dua minggu Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *